Google Groups Untuk berlangganan 'lightbreakfast', silahkan masukkan alamat email Anda dan klik tombol 'Berlangganan' sekarang!
Email:
Browse Archives at groups.google.com

Berfungsi

"Semua manusia sama. Yang membedakan adalah pilihan-pilihannya."

KalauAnda melewati rumah-rumah besar di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Anda akan menjumpai rumah-rumah besar yang sehari-hari daun jendela maupun pintunya tertutup rapat. Seperti anak semata wayang saya, Anda pun pasti bertanya-tanya, "Kenapa sih selalu tertutup rapat-rapat?". Jawabannya ada berbagai macam kemungkinan: bisa karena si empunya rumah jarang berada di rumah, atau sengaja ditutup karena ruangan ber-AC, atau barangkali ditutup untuk mencegah debu masuk.

Seandainya saya adalah engsel daun jendela dan pintu-pintu rumah di Pondok Indah itu, maka saya akan sangat sedih karena nyaris saya tidak pernah berfungsi. Bukankah engsel hanya akan berguna kalau daun pintu dan jendela itu dibuka-tutup? Dengan dibiarkannya jendela dan pintu itu tertutup, maka saya akan menjadi pengangguran! Padahal, sewaktu pemilik membangun rumah itu, pastilah engsel pintu dan jendelanya sengaja dipilih yang terbaik dan mahal tentu saja. Saya barangkali akan "cemburu" dengan engsel-engsel di rumah orang "biasa" karena akan lebih sering dibuka dan ditutup. Orang "biasa" tidak pakai AC dan tidak takut debu, sehingga mereka biasa membuka menutup jendela dan pintu.

Dalam banyak hal, kita mungkin "bernasib" sama seperti engsel jendela dan pintu orang kaya di Pondok Indah itu. Kita kadang terpaksa tidak bisa berfungsi sebagaimana seharusnya kita. Entah itu di pekerjaan atau di lingkungan sosial lainnya. Capacity kita tidak termanfaatkan maksimal karena keadaan yang diciptakan oleh "orang kaya" dengan "menutup" jendela dan pintu-nya rapat-rapat.

Tetapi yang membedakan kita dengan engsel-engsel itu adalah bahwa engsel akan tetap dengan keadaannya, sedangkan kita diberi kemampuan untuk memilih. Memillih untuk melakukan sesuatu atau diam. Karena diam pun merupakan sebuah pilihan. Gunakan "hak pilih" kita, kalau tidak ingin nganggur seperti sebuah "engsel jendela" rumah "orang kaya".Selamat pagi dan selamat bekerja n

© 2006, Setya Rahadi

http://www.lightbreakfast.com
http://www.lightbreakfast.blogspot.com

Tulisan terbaru lightbreakfast juga bisa Anda dapatkan melalui layanan email langsung dengan cara subscribe melalui panel Google Group yang tersedia di bagian bawah halaman ini.
© 2006, 2007 Setya Rahadi. Lightbreakfast, adalah catatan perenungan pribadi dengan pesan-pesan singkat, universal dan konstruktif untuk teman minum kopi di pagi hari. Layaknya fast-food, silahkan menyantapnya di tempat atau mengunduh - take away isi blog ini sesuka Anda. Cantumkan sumber apabila Anda mengutip dan mengirimkan ke pihak lain. Kisah-kisah yang dituliskan dalam lighbreakfast diilhami oleh penggalan kisah nyata sehari-hari, dengan penyesuaian seperlunya. Kadang nama tempat atau nama orang ditulis apa adanya, tetapi dalam banyak hal, untuk kepentingan privacy, nama tempat atau nama orang tidak disebutkan secara gamblang. Nama samaran banyak dipakai demi enaknya cerita. Mohon maaf untuk kesamaan tokoh, tempat dan cerita yang mungkin terjadi.