"Character is doing the right thing when nobody is looking." - J. C. Watts -
Sebuah iklan besar-besaran berbunyi, "Kami peduli! Semangat kepedulian kami membawa keluarga besar ... (nama sebuah perusahaan) ... ke dalam suatu aksi nyata nyata. Hanya dalam waktu 6 bulan 1,200 siswa telah kami santuni, 200 gedung sekolah telah kami rehabilitasi dan .... bla bla bla."
Apa yang akan ditunjukkan oleh sebuah iklan semacam itu? Kepedulian kah? Atau sekedar sebuah 'iklan' yang sebenarnya bahkan tidak peduli?
Terlepas dari sumbangsih perusahaan dalam ikut serta membangun bangsa ini, publikasi yang gegap gempita untuk suatu kontribusi --yang sebenarnya tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan keuntungan yang sudah dikeruk-- rasanya kok tidak pas. Bukankah ada nasehat yang mengatakan, "Kalau pun tangan kananmu memberi, hendaklah tangan kirimu tidak melihatnya." Maksudnya perbuatan baik yang Anda lakukan cukup diketahui oleh Yang di Atas, dan tidak perlu diketahui semua orang.
Celakanya, mentalitas show-off seperti itu sudah menjadi hal yang biasa di kalangan professional. Lah, kalau nggak begitu (baca: 'mempublikasikan' atau menginformasikan perbuatan atau hal-hal positif) kita nggak akan pernah dapat kredit atau bahkan dilirik sebelah mata sekalipun oleh orang lain! Nanti dianggap tidak perform Begitu mungkin alasannya.
Tetapi ingat, karakter Anda justru bukan ditentukan seberapa terampil Anda berkata-kata tentang perbuatan baik yang Anda lakukan, atau seberapa besar effort publikasi yang ditempuh, tetapi justru ketika Anda melakukan sesuatu yang tepat ketika tidak ada seorang pun melihatnya. "Character is doing the right thing when nobody is looking." kata J.C. Watts.
Selamat pagi dan selamat bekerja l